Implementasi Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Blimbing III Kota Malang
Keywords:
implementasi, pengembangan, pembelajaranAbstract
ABSTRAK
Keberadaan pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolahan belum banyak mengubah suatu keadaan. Ini disebabkan karena terjadinya sistem dikotomi pendidikan, dimana pelajaran umum dianggap lebih utama dibanding Pendidikan Agama Islam. kalaupun kompetensi dan potensi guru Pendidikan Agama Islam itu memadai, terkadang kehilangan nyalinya untuk bisa mengembangkan strateginya dalam menyampaikan Pendidikan Agama Islam di sekolah.
Ini akan mengakibatkan dalam proses penyampaian pembelajaran pendidikan agama Islam kepada peserta didik jelas dianggap menoton. Ini akan mengakibatkan tidak berhasilnya sebuah pembelajaran di kelas. Ini perlu adanya suatu bentuk strategi yang handal, supaya pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah umum menarik minat peserta didik. Berbicara mengenai strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah umum itu tentunya tidak cukup dengan strategi, harus ada tidak lanjut dan harmonisasi hubungan antara guru agama dengan guru umum serta masyarakat setempat.
Berkaitan dengan hal tersebut, didalam pembahasan penelitian ini akan di bahas tentang profil pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Blimbing III Kota Malang, dan upaya yang dilakukan sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama di SDN tersebut.
Metode penelitian yang di gunakan dalam peneliti ini adalah metode penelitian kualitatif. Dilihat dari jenisnya, penelitian ini merupakan penelitian kasus, karena penelitian ini dilakukan secara intensif, terinci dan mendasar tentang suatu lembaga, dimana peneliti mengambil kasus “Implementasi Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Blimbing III Kota Malang.”
Kata Kunci: Implementasi, Pengembangan, Pembelajaran.