Gadget dan Implikasinya Pada Karakteristik Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Mahfiroh Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin
  • Selvi Aprianti STAI Sabilul Muttaqin Mojokerto
  • Lutfiyah Anjelina Aqilah STAI Sabilul Muttaqin Mojokerto
  • Linda Purwanti STAI Sabilul Muttaqin Mojokerto
  • Azizah Rohmah STAI Sabilul Muttaqin Mojokerto
  • Salsabila Isnaini STAI Sabilul Muttaqin Mojokerto
  • Retno Dewanti STAI Sabilul Muttaqin Mojokerto

Keywords:

Gadget, Karakteristik Belajar, Pendidikan Digital, Gaya Belajar, Siswa Sekolah Dasar, Perkembangan Karakter

Abstract

Penggunaan gadget dalam konteks pendidikan membawa dampak yang kompleks terhadap karakteristik belajar siswa sekolah dasar. Gadget, sebagai alat pembelajaran interaktif, memberikan kemudahan akses terhadap berbagai materi edukasi yang menarik perhatian siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan teknologi sejak dini. Namun, di sisi lain, penggunaan gadget yang tidak terkontrol dapat menimbulkan risiko seperti kecanduan, gangguan sosial, emosi yang tidak stabil, dan dampak negatif pada perkembangan karakter anak. Artikel ini menggunakan metode kajian pustaka untuk mengeksplorasi manfaat dan tantangan yang ditimbulkan oleh penggunaan gadget terhadap perkembangan karakter dan gaya belajar siswa sekolah dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa gadget dapat mendukung proses pembelajaran dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik melalui media visual, auditori, dan kinestetik. Di sisi lain, penggunaan gadget yang berlebihan cenderung menghambat interaksi sosial, mengurangi aktivitas fisik, serta berpotensi menyebabkan ketergantungan pada teknologi. Oleh karena itu, peran guru dan orang tua menjadi sangat penting dalam mengarahkan dan membatasi penggunaan gadget, sehingga siswa dapat memanfaatkan teknologi secara positif tanpa mengorbankan keseimbangan emosional dan sosial mereka. Rekomendasi dari penelitian ini meliputi penerapan pendidikan digital yang seimbang, pengembangan keterampilan digital yang bertanggung jawab, serta pengawasan dan manajemen waktu penggunaan gadget oleh siswa. Dengan pendekatan ini, gadget dapat menjadi sarana pendukung yang efektif untuk pembelajaran, sekaligus membantu membentuk karakter siswa yang adaptif, kreatif, dan bertanggung jawab dalam era digital.

Author Biographies

Selvi Aprianti, STAI Sabilul Muttaqin Mojokerto

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Lutfiyah Anjelina Aqilah, STAI Sabilul Muttaqin Mojokerto

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Linda Purwanti, STAI Sabilul Muttaqin Mojokerto

Pendidikan Guru Madrasah ibtidaiyah

Azizah Rohmah, STAI Sabilul Muttaqin Mojokerto

Pendidikan Guru Madrasah ibtidaiyah

Salsabila Isnaini, STAI Sabilul Muttaqin Mojokerto

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Retno Dewanti, STAI Sabilul Muttaqin Mojokerto

Pendidikan Guru Madrasah ibtidaiyah

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Siti Mahfiroh, Aprianti, S. ., Lutfiyah Anjelina Aqilah, Purwanti, L. ., Rohmah, A. ., Isnaini, S., & Dewanti, R. (2025). Gadget dan Implikasinya Pada Karakteristik Belajar Siswa Sekolah Dasar. At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(01), 122–132. Retrieved from https://staisam.ac.id/jurnal/index.php/attadib/article/view/245

Issue

Section

Articles