PENERAPAN METODE JIGSAW SEBAGAI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH: TINJAUAN LITERATUR

Authors

  • Apit Dulyapit Apit Dulyapit Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

metode Jigsaw, pembelajaran kolaboratif, madrasah ibtidaiyah, studi literatur, pendidikan dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan metode Jigsaw sebagai pendekatan pembelajaran kolaboratif di madrasah ibtidaiyah melalui analisis literatur. Metode Jigsaw, yang berfokus pada pembagian tanggung jawab belajar antar siswa, dianggap efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaboratif, pemahaman konseptual, dan hasil belajar. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi literatur dengan analisis data deskriptif. Sumber data mencakup jurnal, buku, dan laporan penelitian relevan yang membahas penggunaan metode Jigsaw dalam konteks pendidikan dasar, khususnya madrasah ibtidaiyah. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan metode Jigsaw mendukung pengembangan keterampilan sosial siswa, seperti kerja sama, komunikasi, dan empati. Selain itu, metode ini terbukti meningkatkan motivasi belajar dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Namun, keberhasilan implementasi bergantung pada kesiapan guru dalam merancang aktivitas yang sesuai dan kemampuan siswa untuk bekerja dalam tim. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk pelatihan guru dalam penerapan metode Jigsaw dan pentingnya adaptasi strategi berdasarkan kebutuhan siswa.

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Apit Dulyapit, A. D. (2025). PENERAPAN METODE JIGSAW SEBAGAI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH: TINJAUAN LITERATUR. At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(01), 133–144. Retrieved from https://staisam.ac.id/jurnal/index.php/attadib/article/view/244

Issue

Section

Articles