Pengaruh Pergaulan Teman Terhadap Kedisiplinan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Di Mi Setia Bhakti Tamiajeng

Authors

  • megawati mahalil asna sekolah tinggi agama islam sabilul muttaqin

Keywords:

Pergaulan, Kedisiplinan, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Pergaulan merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu dan dapat juga oleh individu dengan kelompok ,karena manusia tak lepas dari kebersamaan dengan manusia lain. Pada umumnya siswa tingkat dasar lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk bermain dengan teman temannya, sehingga waktu belajar di sekolah maupun dirumah cenderung kurang efektif. Kebiasaan pergaulan kurang terkontrol mengakibatkan kebiasaan yang dapat mengakibatkan kurang disiplinnya siswa dalam proses belajar dan mengajar.

Pergaulan dan kedisiplinan siswa berkorelasi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi antara pergaulan terhadap kedisiplinan, pergaulan terhadap hasil belajar siswa dan pergaulan pempengaruhi kedisiplinan dan hasil belajar secara parsial.

Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif, instrumen penelitian yang digunakan beruapa angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa madrasah ibtidaiyah kelas II setia bhakti Tamiajeng Trawas Mojokerto, dengan jumlah 20 siswa, 15 butir pertanyaan angket dan hasil nilai ujian tengah semester genap. Analisa data yang digunkan dalam penelitian ini adalah analisa regresi linier berganda.

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

mahalil asna, megawati. (2025). Pengaruh Pergaulan Teman Terhadap Kedisiplinan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Di Mi Setia Bhakti Tamiajeng. At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(01), 117–121. Retrieved from https://staisam.ac.id/jurnal/index.php/attadib/article/view/220

Issue

Section

Articles