Implementasi Keterampilan Abad 21 pada Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran IPS di MI Al Fithrah Surabaya

Authors

  • Maraqonitatillah Ela Institut Al Fithrah Surabaya
  • Ficky Dewi Ixfina Institut Al fithrah

DOI:

https://doi.org/10.63230/attadib.v1i02.212

Keywords:

Keterampilan Abad 21, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPS

Abstract

Dalam menyongsong provokasi saat ini, sektor pendidikan memiliki peran andil penting dalam meningkatkan keterampilan siswa, termasuk keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaborasi, dan komunikasi sangat krusial dalam membantu siswa beradaptasi dengan perubahan zaman saat ini. Berbagai terobosan baru dilakukan oleh pemerintah, yakni diperkenalkannya kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana implementasi keterampilan abad 21 pada kurikulum merdeka melalui pembelajaran IPS di MI Al Fithrah Surabaya serta faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhinya. Metode pada peneltitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum merdeka yang diterapkan melalui pembelajaran  IPS di MI Al Fithrah efektif dalam meningkatkan dan mengembangkan keterampilan 4C siswa. Pendekatan IPS ini mendorong siswa untuk berpikir kritis, bekerja sama, komunikasi, dan kreatif dalam menghadapi tantangan di lingkungan sekitar. Kajian tersebut menekankan pentingnya kompetensi guru, sarana dan prasarana dan evaluasi keterampilan 4C melalui assembly atau festival learning. Selain itu, hambatan yang ditemukan dalam implementasi keterampilan 4C antara lain kurangnya perhatian orang tua terhadap keterampilan 4C diluar lingkungan sekolah, serta perbedaan gaya belajar dan kesulitan dalam mengelompokkan siswa karna keragaman budaya. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa implementasi abad 21 pada kurikulum merdeka melalui pembelajaran IPS di MI Al Fithrah Surabaya dinilai baik dalam menunjang capaian akademik keterampilan abad 21 dengan presentase 53,85% dengan cara ini, siswa dapat lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan siap menghadapi era saat ini.

Downloads

Published

2024-09-25

How to Cite

Ela, M., & Ficky Dewi Ixfina. (2024). Implementasi Keterampilan Abad 21 pada Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran IPS di MI Al Fithrah Surabaya . At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(02), 49–60. https://doi.org/10.63230/attadib.v1i02.212

Issue

Section

Articles