Pendidikan Akhlak Siswa Madrasah Ibtidaiyah: Konsep dan Urgensinya Di Era Globalisasi

Authors

  • Selvi Aprianti STAI Sabilul Muttaqin Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.63230/attadib.v1i01.156

Keywords:

Akhlak, Pendidikan, Globalisasi

Abstract

Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang berkembang secara menyeluruh menjadikan sebuah era globalisasi yang penuh dengan kecanggihan diberbagai sector. Dampaknya segera terasa dalam berbagai bidang kehidupan manusia tidak hanya berlangsung pada aspek kehidupan yang bersifat material, akan tetapi berlanjut pada aspek non material seperti akhlak. Urgensi Implementasi Pembinaan akhlak dilakukan dalam lingkungan keluarga, masyarakat, dan Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik literature review. Tujuan dari penelitian pustaka adalah untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang materi yang didalami. Hasil dari literature review ialah Akhlak merupakan sebuah tatanan yang tertanam kuat dalam jiwa yang darinya muncul beragam perbuatan dengan mudah dan ringan, tanpa membutuhkan pemikiran dan pertimbangan dibutuhkan di era globalisasi. Peserta didik khususnya tingkat Madrasah Ibtidaiyah membutuhkan fondasi akhlak yang kuat. dan akhlak baik. Seperti pendapat Al-Ghazali dan KH Mustofa Bisri.

Downloads

Published

2024-03-03

How to Cite

Selvi Aprianti. (2024). Pendidikan Akhlak Siswa Madrasah Ibtidaiyah: Konsep dan Urgensinya Di Era Globalisasi. At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(01), 39–48. https://doi.org/10.63230/attadib.v1i01.156

Issue

Section

Articles