Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Scientific Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • megawati mahalil asna sekolah tinggi agama islam sabilul muttaqin

DOI:

https://doi.org/10.63230/attadib.v1i01.152

Keywords:

pembelajaran ilmiah, kreativitas, peserta didik, IPA, mengamati

Abstract

Banyaknya penurunan dalam hasil beIajar peserta didik diakibatkan oIeh beberapa factor yaitu factor internaI dan EksternaI. Banyak permasalahan dalam pendidikan adalah kurangnya berpikir kreatif siswa. Membentuk kreativitas siswa melalui metode pembelajaran scientific Iearning. . Penulisan jurnaI ini dapat merujuk pada pengaruh kreativitas siswa terhadap pembelajaran IPA yaitu Organ GerakHewandanManusia. .Tujuannya untuk meningkatkan dan memajukan pembelajaran lPA di SD Balongbesukkelas V. PesertaDidikSangat perlu untuk diajarkan pembentukan kreativitas kepada semua siswa, karena ini sangat penting untuk regulasi di masa depan. HasiI diskusi menunjukkan bahwa penggunaan metode digunakan dengan sangat efektif dalam kegiatan Pembelajaran lPA, langkah-langkah dalam metode ini dapat membuat aktivitas Pembelajaran yang lebih bermakna. Penerapan metode saintifik dan model pembelajaran Berdasarkan kreativitas, itu akan meningkatkan minat siswa dalam IPA, Mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa dalam rangka mengantisipasi pembelajaran Mampu melatih siswa yang produktif, kreatif, inovatif dan efektif. Dengan pembelajaran menggunakan metode scientific learning peserta didik dapat mencari fakta-fakta yang sudah berhasil dikumpulkan. Mulai dari menganalisis data, mengelompokkan, mengategorikan, menyimpulkan, serta membuat prediksi/estimasi.metode ilmiah ini sangat penting bagi peserta didik karena dapat melatih mereka untuk berpikir secara ilmiah. Metode pembelajaran saintifik yang diterapkan akan meningkatkan dan menyeimbangkan hard skill dan soft skill. Jika peserta didik terbiasa mengambil keputusan berdasarkan analisis fakta yang ada sejak mereka masih muda, mereka akan dapat memecahkan masalah dengan lebih baik.

Downloads

Published

2024-03-03

How to Cite

mahalil asna, megawati. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Scientific Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V Sekolah Dasar . At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(01), 19–24. https://doi.org/10.63230/attadib.v1i01.152

Issue

Section

Articles