Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 di MI Hidayatul Muflihin Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto
DOI:
https://doi.org/10.63230/attadib.v1i01.150Keywords:
Model Pembelajaran Flipped Classroom, Pemahaman SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran flipped classroom. 2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dalam penerapan pembelajaran daring, dan 3) Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran flipped classroom dalam meningkatkan pemahaman siswa mata Pelajaran Bahasa Indonesia keals 3 di MI Hidayatul Muflihin Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Analisis data hasil penelitian diperoleh dari proses mencari dan menyusun secara sistematis, data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan lapangan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penerapan model pembelajaran flipped classroom pada kelas III yaitu dengan memanfaatkan beberapa macam aplikasi, penggunaan RPP satu lembar dan evaluasi lembar kerja tertulis yang dapat diambil dan dikumpulkan langsung ke sekolah. 2) Faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan pembelajaran daring yaitu, kurangnya efektifitas dan efisiensi waktu, minimnya antusias siswa dan minimnya siswa akan pemahaman materi. Dan Faktor pendukung pembelajaran daring yaitu, sekolah memfasilitasi wifi untuk guru di sekolah, dan siswa diberikan kuota internet gratis. 3) efektivitas Hasil belajar siswa mengalami penurunan sejak adanya pandemi covid-19.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Pemahaman Siswa