Implementasi Pendidikan Karakter untuk Menanamkan Nilai Peduli Sosial Sesama Berdasarkan Hadits di SD Islam Aulia Sidoarjo

Authors

  • Wiwin Nur STAI Sabilul Muttaqin

DOI:

https://doi.org/10.63230/attadib.v1i01.145

Keywords:

Pendidikan, Karakter Nilai Peduli Sosial, Hadits Shodaqoh

Abstract

Penelitian ini diambil berdasarkan permasalahan tentang bagaimana penanaman karakter peduli sosial disekolah dan bagaimana implementasi guru dalam menanamkan nilai-nilai sosial berdasarkan hadits. Dari permasalahan yang muncul bertujuan untuk membiasakan siswa-siswi mengimplementasikan nilai peduli sosial dalam lingkungan hidupnya. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif yakni penelitian yang mengandung informasi tentang pendidikan karakter siswa dalam menanamkan peduli sosial berdasarkan hadits. Adapun sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer meliputi ustadz/ustadzah dan siswa-siswi di SD Islam Aulia Sidoarjo. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah pendidikan karakter yang diterapkan ustadz/ustadzah untuk menanamkan jiwa karakter peduli sosial sesama dengan pembiasaan bershodaqoh. Kemudian dalam mengimplementasikan pendidikan karakter peduli sosial yaitu dengan mengisi kaleng infak setiap hari yang dilakukan setelah sholat dhuha. Siswa ditanamkan nilai-nilai akan betapa penting dan manfaatnya berinfak. Selanjutnya dalam penanaman nilai hadits tentang shodaqoh bahwasanya guru memberikan pembiasaan rutin ke siswa untuk melafalkan hadits hadits termasuk hadits shodaqoh setiap hari disertai dengan melafalkan surat-surat pendek, dan do’a sehari-hari. Selain itu, wali kelas dan guru pendamping selalu memberikan motivasi untuk terus belajar menjadi orang-orang yang gemar bershodaqoh dan terus menyebar kebaikan terhadap sesama.    

Downloads

Published

2024-03-03

How to Cite

Nur, W. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter untuk Menanamkan Nilai Peduli Sosial Sesama Berdasarkan Hadits di SD Islam Aulia Sidoarjo . At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(01), 1–11. https://doi.org/10.63230/attadib.v1i01.145

Issue

Section

Articles