IMPLEMENTASI METODE AT-TARTIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA MA SABILUL MUTTAQIN KALIPURO PUNGGING MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.63230/annajmu.v2i01.285Keywords:
Metode At-Tartil, Pembelajaran Al-Qur’an, Kemampuan Membaca Al-Qur’anAbstract
Pembelajaran Al-Qur’an di MA Sabilul Muttaqin Kalipuro Pungging Mojokerto membutuhkan metode yang sesuai dengan kondisi guru dan peserta didik agar dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an secara efektif. Metode At-Tartil dipilih sebagai metode yang praktis dan sistematis untuk pembelajaran Al-Qur’an di madrasah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen dengan narasumber kepala sekolah, wakil kurikulum, koordinator program pembelajaran Al-Qur’an, wali kelas, dan guru Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode At-Tartil memberikan dampak signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, yang terlihat dari peningkatan kelancaran, kefasihan, dan ketepatan bacaan serta prestasi siswa di tingkat MTQ Jawa Timur. Kesimpulannya, metode At-Tartil sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MA Sabilul Muttaqin Kalipuro Pungging Mojokerto.