Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Mendukung Tata Kelola Pendidikan Yang Adaptif dan Inklusif
Keywords:
Artificial Intelligence, Educational Governance, Inclusivity, Digital Transformation, Adaptive Learning SystemsAbstract
Kemajuan teknologi Artificial Intelligence (AI) telah memberikan dampak signifikan di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi tata kelola manajemen pendidikan yang efektif di era pemanfaatan AI. Dengan pendekatan kualitatif dan metode systematic literature review, penelitian ini mengidentifikasi potensi AI dalam mendukung personalisasi pembelajaran, inklusivitas pendidikan, dan efisiensi administrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI memiliki peran penting dalam menciptakan sistem pendidikan adaptif yang responsif terhadap kebutuhan individu dan inklusif bagi peserta didik dengan kebutuhan khusus. Namun, tantangan seperti privasi data, bias algoritma, dan kesenjangan infrastruktur digital tetap menjadi kendala utama. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan kebijakan pendidikan berbasis data, peningkatan pelatihan guru, serta penyediaan infrastruktur teknologi untuk memastikan penerapan AI yang inklusif dan merata. Dengan strategi yang tepat, AI dapat menjadi solusi efektif dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital.