Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Mendukung Tata Kelola Pendidikan Yang Adaptif dan Inklusif

Authors

  • mokhamad Yaurizqika Hadi Institut Agama Islam At Taqwa Bondowoso
  • Halifatul Aisyah Institut Agama Islam At Taqwa Bondowoso,Indonesia
  • Adeliya Sarma Institut Agama Islam At Taqwa Bondowoso,Indonesia
  • Sulis Setiawati Institut Agama Islam At Taqwa Bondowoso,Indonesia

Keywords:

Artificial Intelligence, Educational Governance, Inclusivity, Digital Transformation, Adaptive Learning Systems

Abstract

Kemajuan teknologi Artificial Intelligence (AI) telah memberikan dampak signifikan di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi tata kelola manajemen pendidikan yang efektif di era pemanfaatan AI. Dengan pendekatan kualitatif dan metode systematic literature review, penelitian ini mengidentifikasi potensi AI dalam mendukung personalisasi pembelajaran, inklusivitas pendidikan, dan efisiensi administrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI memiliki peran penting dalam menciptakan sistem pendidikan adaptif yang responsif terhadap kebutuhan individu dan inklusif bagi peserta didik dengan kebutuhan khusus. Namun, tantangan seperti privasi data, bias algoritma, dan kesenjangan infrastruktur digital tetap menjadi kendala utama. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan kebijakan pendidikan berbasis data, peningkatan pelatihan guru, serta penyediaan infrastruktur teknologi untuk memastikan penerapan AI yang inklusif dan merata. Dengan strategi yang tepat, AI dapat menjadi solusi efektif dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital.

Downloads

Published

2025-08-17

How to Cite

Yaurizqika Hadi, mokhamad, Halifatul Aisyah, Adeliya Sarma, & Sulis Setiawati. (2025). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Mendukung Tata Kelola Pendidikan Yang Adaptif dan Inklusif. An-Najmu: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(02), 92–106. Retrieved from https://staisam.ac.id/jurnal/index.php/annajmu/article/view/242

Issue

Section

Articles