STRATEGI DAN TANTANGAN MENGATASI BEBAN KERJA GURU AKIBAT PERUBAHAN KURIKULUM DI MTS SUNAN KALIJAGA PEKALONGAN

Authors

  • Rahma Alfina Maulidia Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Citra Erlinda UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Widodo Hami UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

Strategi guru, beban kerja, perubahan kurikulum, MTs, Adaptasi Kurikulum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan serta tantangan yang dihadapi guru dalam mengatasi beban kerja akibat perubahan kurikulum di MTs Sunan Kalijaga Bojong Pekalongan. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru menghadapi berbagai tantangan, seperti adaptasi terhadap materi baru, tuntutan administrasi yang meningkat, serta keterbatasan waktu untuk pengembangan kompetensi profesional. Namun, strategi yang diterapkan, seperti pelatihan intensif, kolaborasi antar guru, dan pemanfaatan teknologi pembelajaran, mampu membantu mengurangi beban kerja dan meningkatkan efektivitas pengajaran. Penelitian ini juga menemukan bahwa dukungan institusi, baik dalam bentuk fasilitas maupun kebijakan yang memadai, memainkan peran penting dalam keberhasilan adaptasi guru terhadap perubahan kurikulum. Kesimpulannya, upaya untuk mengatasi beban kerja guru membutuhkan sinergi antara guru, lembaga, dan pemerintah guna menciptakan sistem pendidikan yang lebih responsif terhadap dinamika kurikulum. Penelitian ini memberikan wawasan praktis bagi pengambil kebijakan dan pendidik dalam mendukung implementasi kurikulum secara efektif

Downloads

Published

2025-08-17

How to Cite

Rahma Alfina Maulidia, Erlinda, C., & Widodo Hami. (2025). STRATEGI DAN TANTANGAN MENGATASI BEBAN KERJA GURU AKIBAT PERUBAHAN KURIKULUM DI MTS SUNAN KALIJAGA PEKALONGAN. An-Najmu: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(02), 78–85. Retrieved from https://staisam.ac.id/jurnal/index.php/annajmu/article/view/237

Issue

Section

Articles