STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT DENGAN SEKOLAH DALAM PROGRAM RUMAH LITERASI DI JORONG KOTO KECAMATAN TABEK PATAH

Authors

  • Sri Ramadhani Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Hanifa Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

Keywords:

Hubungan Masyaraka dan Sekolah, Program Rumah Literasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambagan tentang strategi hubungan masyarakat dengan sekolah dalam program rumah literasi di jorong koto kecamatan tabek patah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data dan dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini anak- anak yang ada di lingkungan masyarakat dan toko masyarakat. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa strategi yang dibuat dalam menjalanin hubungan masyrakat dengan sekolah dengan membuat program rumah literasi di lingkungan masyarkaat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikn dan mempersiapkan anak-anak usia belajar dalam menghadapi tantangan dunia saat sekarang ini. Sebagai pusat sumber belajar, program Rumah Literasi ini kami laksanakan kegiatan-kegiatan edukatif lainnya yang terdiri dari fun learning, bimbingan belajar Malingping, learning motivation, dan semarak anak sholeh. Rumah literasi ini sebagai jembatan antara masyarakat dan sekolah, meningkatkan minat baca anak-anak di lingkungan masyarakat. Keberadaan rumah literasi juga berkontribusi pada peningkatan kesadaran akan pentingnya literasi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya dukungan dari pemerintah dan lembaga pendidikan, rumah literasi dapat menjadi tempat berkumpul yang mempererat hubungan sosial antarwarga. Dalam jangka panjang, program ini diharapkan dapat menciptakan masyarakat yang lebih terdidik dan berdaya saing tinggi.

Downloads

Published

2025-08-17

How to Cite

Sri Ramadhani, & Hanifa. (2025). STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT DENGAN SEKOLAH DALAM PROGRAM RUMAH LITERASI DI JORONG KOTO KECAMATAN TABEK PATAH. An-Najmu: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(02), 60–65. Retrieved from https://staisam.ac.id/jurnal/index.php/annajmu/article/view/228

Issue

Section

Articles