TINJAUAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: IMPLEMENTASI KEANGGOTAAN DAN PARTISIPASI KOPERASI PONDOK PESANTREN

Authors

  • Adinda Woroika Dinda Utami UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aep Tata Suryana UIN Sunan Gunung Djati

DOI:

https://doi.org/10.63230/annajmu.v2i01.218

Keywords:

Koperasi, Keanggotaan, Partisipasi, Pondok Pesantren

Abstract

Artikel ini membahas tentang implementasi keanggotaan dan partisipasi koperasi di pondok pesantren.
Koperasi sebagai lembaga ekonomi mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan
anggotanya, khususnya di lingkungan pesantren. Dengan menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan
melalui wawancara dan observasi di beberapa pondok pesantren koperasi Islam. Berdasarkan hasil penelitian,
anggota koperasi di pesantren umumnya terdiri dari santri, pengurus, dan guru yang turut berperan dalam
pengelolaan dan pengembangan usaha koperasi. Partisipasi anggota dalam kegiatan koperasi seperti rapat dan
proses pengambilan keputusan cenderung rendah karena kurangnya pemahaman tentang manfaat koperasi
dan terbatasnya informasi yang tersedia. Meskipun demikian, koperasi telah berhasil memberikan anggotanya
akses terhadap kebutuhan sehari-hari seperti bahan pokok dan perlengkapan sekolah. Studi ini menyarankan
perlunya program pendidikan yang lebih intensif untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi anggota serta
memperkuat struktur organisasi koperasi agar koperasi dapat menjalankan misinya secara lebih efektif.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Dinda Utami, A. W., & Aep Tata Suryana. (2025). TINJAUAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: IMPLEMENTASI KEANGGOTAAN DAN PARTISIPASI KOPERASI PONDOK PESANTREN . An-Najmu: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01), 1–8. https://doi.org/10.63230/annajmu.v2i01.218

Issue

Section

Articles