PENGELOLAHAN MANAJEMEN YANG SISTEMATIS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN AN-NUR PUNGGING
DOI:
https://doi.org/10.63230/annajmu.v1i01.171Keywords:
Manajemen, hasil belajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai upaya peningkatan hasil belajar santri melalui pengelolahan manejemen yang sistemasis. Adapun metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: Pengelolaan manajemen di Pondok Pesantren An-Nur Pungging menerapkan metode PDCA (Planing, Do, Check, Art) dimana dalam teori tersebut fokus utama adalah pengembangan mutu pembelajaran santri yang kemudian dapat dinilai melalui beberapa proses penilaian Pendidikan. Indikator keberhasilan belajar dinilai melalu tiga ranah antara lain: Ranah Kognitif, diantaranya pengetahuan, pemahaman, pengaplikasian, pengkajian, pembuatan, serta evaluasi. Ranah Afektif, meliputi penerimaan, menjawab, dan menentukan nilai. Ranah Psikomotorik, meliputi gerak fundamental, gerak generik, gerak ordinatif, gerak kreatif.