Perencanaan Pendidikan Islam Berbasis Alquran Di Lembaga Pendidikan Islam Di Madrasah Tahfidzul Quran Jombang
Perencanaan Pendidikan Islam Berbasis Alquran Di Lembaga Pendidikan Islam Di Madrasah Tahfidzul Quran Jombang
DOI:
https://doi.org/10.63230/annajmu.v1i01.170Keywords:
Kata kunci: Perencanaan, Pendidikan, Lembaga, Alquran.Abstract
Pendidikan merupakan aset utama dalam mensuksesan di kehidupan. Maka, perlu adanya persiapan dan perencanaan yang matang. Pendidikan berbasis Alquran, artinya serangkaian kegiatan yang dirancang dalam suatu pendidikan didasarkan Alquran sebagai pedoman hidup yang nyata. Artikel ini sebagai upaya menjelaskan bagaimana melakukan perencanaan pendidikan Islam di lembaga pendidikan dengan bercirikan Alquran yang kokoh. Sehingga nantinya lembaga-lembaga pendidikan berbasis Alquran baik yang sudah ada maupun yang sedang akan dibangun tidak sekedar asal banguan saja dengan membawa label Alquran tanpa ada pengaplikasiannya secara nyata. Tanpa ada perencanaan yang bagus. Mengingat lembaga-lambaga pendidikan itu sendiri merupakan jembatan yang membangun baik secara jasmani dan rohani secara bersamaan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan sumber data melalui wawancara, dokumentasi. Hasilnya bahwa menghafal Alquran dibutuhkan tekad yang kuat, dibutuhkan keseimbangan antara menghafal dan memurajaah (mengulang-ulang hafalan) agar target cepat tercapai dengan hafalan yang berkualitas. Jika kita membaca Alquran, hendaknya memperhatikan ulumul Quran dan kaidah-kaidah lainnya, seperti kaidah tajwid. lembaga pendidikan Islam berbasis Al-Qur’an yaitu memiliki 3 konsep: penanaman iman, pendidikan agama melalui sholat, amar ma’ruf nahi munkar dan pendidikan etika sosial.