Peran Koperasi Koberalfath dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota dan Peserta Didik

Authors

  • Wakhibah Dwi Khusnah Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin
  • eko dimas MA Al Fatah

Keywords:

Koperasi, Kesejahteraan, Anggota, Masyarakat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan koperasi koberalfatah dalam meningkatkan kesejahteraan anggota dan peserta didik. Meteode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Adapaun teknik pengumpulan data dalam peneilitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganailis data yang didapatkan, penenliti melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah koperasi Koberalfatah memiliki peran yang positif dalam mensejahterakan anggota dan peserta didik. Adapaun upaya yang dilakakuan yakni membuka unit usaha seperti mini market, voucher hospot internet, pulsa, seragam sekolah, LKS, foto copy, print dan simpan pinjam

References

Agama RI, Kementrian. (2015). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Baswir, Revrisond. (2013). Koperasi Indonesia, Edisi Kedua. Yogyakarta: Graha Ilmu

Fakhruddin Muhammad Ali al-Tamimi al-Bakrial-Razi. (1990). Tafsir alKabir, Jilid 5, Cet I, (Beirut: Dar al-Kutub, Ilmiyah, 1411 H/ 1990 M). hal. 54

Handayani, T., Sore, A. D., & Astikawati, Y. (2020). Peran Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota di Koperasi Unit Desa Bale Yotro Desa Beloyang. JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 102-112.

Hikmawati, H. (2018). Peran koperasi pondok pesantren DDI Lil Banat Parepare dalam meningkatkan kesejahteraan guru dan santri (Doctoral dissertation, STAIN Parepare).

Laraswati, B. S., Hartanto, S., & Jauhari, M. I. (2022). Analisis Problematika Koperasi Sarangan Asri Untuk Peningkatan Ekonomi Anggota Pada New Normal. Bhakti: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(01), 09-017.

Minullah, M. (2020). Memberdayakan Koperasi Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Situbondo untuk Meningkatkan Kesejahteraan Peserta Didik. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 4(2), 199-210

Muljono, Djoko. (2012). Buku Pintar Strategi Bisnis Koperasi Simpan Pinjam. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Nur, J. (2019). Peran Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota pada Koperasi Masjid Al-Markaz Al-Islami Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Cet. 16. Bandung: Alfabeta.

Sukamdiyo. (1997). Manajemen Koperasi, Jakarta: Erlangga

Syaiful, M., Aedy, H., & Tamburaka, I. P. (2016). Strategi Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota. Jurnal Progres Ekonomi Pembangunan, 1(1), 210520.

Zaim, M. (2018). Peran Koperasi Mahasiswa dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Ekonomi Anggota (Studi Pada Kopma UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(1), 60-73.

Downloads

Published

2023-01-05

How to Cite

Khusnah, W. D., & dimas, eko. (2023). Peran Koperasi Koberalfath dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota dan Peserta Didik. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 4(1), 1–9. Retrieved from https://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/87

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)