Instagram untuk Komunikasi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Sidoarjo Terhadap Penyelenggaraan Pemilu 2024

Authors

  • Zaimil Fanani STAI Sabilul Muttaqin Mojokerto

Keywords:

Instagram; @bawaslu.sidoarjo, Media Sosial, Pemilihan Umum

Abstract

Pemilihan Umum 2024 atau pemilu menjadi perhelatan penting baik untuk negara maupun warga negara, terlebih untuk turut berpartispasi di dalamnya. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bertanggung jawab mengawasi Pemilu dan bertanggung jawab untuk memastikan pemilu berjalan dengan jujur dan adil. Dalam mengemban amanat tersebut tentunya Bawaslu memerlukan partisipasi masyarakat. Oleh karena itu, Bawaslu meningkdi era informasi yang berbasis digital ini Bawaslu perlu memaksimalkan informasinya melalui pemanfaatan media sosial sebagai sarana publikasi dan informasi. Sehingga memudahkan partisipasi masyarakat, memastikan integritas, dan hasil pemilu yang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana @bawaslu.sidoarjo menggunakan media sosial Instagram untuk menyebarkan konten informasi seputar Pemilihan Umum 2024. Kendala yang sering dihadapi oleh Bawaslu Kabupaten Sidoarjo adalah platform yang digunakan dalam penyebaran konten tersebut. Perubahan cepat di dunia digital telah mempengaruhi kebiasaan pengguna, terutama generasi milenial yang hari ini lebih tertarik media sosial dengan fitur-fitur yang baru. Dengan begitu, kehadiran Instagram sebagai platform populer di kalangan generasi muda menjadi fokus utama @bawaslu.sidoarjo dalam menyebarkan konten informasi. Platform Instagram yang memiliki keunggulan dalam penyampaian informasi melalui gambar dan video diharapkan dapat menjawab tantangan penyebaran informasi edukatif tentang pemilihan umum 2024, dengan memaksimalkan fitur-fitur platform Instagram @bawaslu.sidoarjo. Teori-teori penting seperti teori New Media dan teori 7C digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan paradigma Post Positivisme. Teknik wawancara mendalam (In- Depth Interview) digunakan untuk mengumpulkan data.

References

Afizha, J., & Kholik, A. (2021). Penerapan Komunikasi Efektif 7C Dalam Pelayanan Informasi Publik Oleh. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 3(3), 111–125.

Andoh-Quainoo, L., & Annor-Antwi, P. (2015). The Use of Social Media in Public Relations: A Case of Facebook in the Ghanaian Financial Services Industry. New Media and Mass Communication, 41(1), 37–47. https://core.ac.uk/download/pdf/2346528 04.pdf

Arnus, S. H. (2015). Computer Mediated Communication (CMC), Pola Baru Berkomunikasi. Al- Munzir, 8(2), 275–289.

Bajri, R. A. D. (2019). Tujuh ‘C’ Dalam Program Humas Jakarta Smart City. Inter Script: Journal of Creative Communication, 1(1), 48–65. https://doi.org/10.33376/is.v1i1.349

Bawaslu RI. (2019). Panduan Pengelolaan Media Sosial.

Budiman, Arif, E., & Roem, E. R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Perpusda Kabupaten Belitung Timur. Jurnal Ranah Komunikasi, 3(1), 34–44. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/rk.3.1.34-44.2019

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design Choosing Among Five Approaches ((4th Editi). California: Sage Publishing.

Gumilar, G. (2015). Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi Oleh Pengelola Industri Kreatif Fashion di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, V(2), 77–84. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/ld.v2i2.3525

Halim, V. F. S., Pradana, F., & Bachtiar, F. A. (2019). Sistem untuk Memonitor Aktivitas Media Sosial Berbasis Web (Studi Kasus Media Sosial Twitter Calon Legislatif pada Pemilihan Legislatif 2019). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(6), 5264–5272.

Helianthusonfri, J. (2021). Instagram Untuk Pemula. Jakarta: PT Gramedia.

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi.

Simbiosis Rekatama Media.

Pulungan, M. C., Rahmatunnisa, M., & Herdiansah, A. G. (2020). Strategi Komisi Pemilihan Umum Kota Bekasi Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pemilu Serentak Tahun 2019. POLITEA : Jurnal Politik Islam, 3(2), 251–272.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Yazid, T. P. (2015). Implementasi Cyber Public Relations Melalui Pengelolaan Website

Pemerintah. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 160–173. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/view/3345

Downloads

Published

2023-01-05

How to Cite

Fanani, Z. (2023). Instagram untuk Komunikasi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Sidoarjo Terhadap Penyelenggaraan Pemilu 2024. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 4(1), 116–124. Retrieved from https://staisam.ac.id/jurnal/index.php/almuttaqin/article/view/142

Issue

Section

Articles