Terpilihnya Dua Dosen STAISAM Mojokerto Mengikuti Short Course PKPD Kemenag RI Tahun 2023

Direktorat Jenderal Pendikan Islam bersama Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama menyelenggarakan Short Course Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) tahun 2023.

Kegiatan yang diikuti 2.500 dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri dan Swasta itu dibuka secara resmi oleh Menteri Agama Republik Indonesia yang diwakili oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Prof. Muhammad Ali Ramdhani, di Jakarta, Selasa (15/8/2023) dalam Pelaksanaannya ada 19 PTP Perguruan Tinggi Pelaksana PKDP.

Kegiatan Short Course PKDP tahun 2023 PTP UIN Mataram ini dilaksanakan di Hotel Jayakarta Lombok Barat selama 6 hari (13-18 Agustus 2023). Dengan tujuan dapat membentuk kualitas dosen PTKI agar memiliki kecakapan mengajar dan kompetensi akademik yang baik.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 120 dosen dari berbagai Kampus Negeri dan Swasta, 2 Dosen STAI Sabilul Muttaqin Mojokerto (Nur Arofah Tis’ina dan Lyana Rakhmawati)terpilih mengikuti kegiatan Short Course PKDP tahun 2023 PTP UIN Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Prof. Ahmad Zainul Hamdi, subtansi dari PKDP adalah tercapainya 4 dasar profesionalitas dosen, yaitu (1) kompetensi pedagogik terkait pembelajaran efektif, (2) pembinaan karier dosen terkait pencapaian target jabatan tertinggi sebagai Guru Besar, (3) karya ilmiah terkait kontribusi perguruan tinggi terhadap pengembangan keilmuan, dan (4) moderasi beragama terkait penguatan cara pandang, sikap, dan perilaku keberagamaan yang moderat. 

Peserta akan mengikuti kegiatan melalui tiga tahapan, yaitu in service course I, on the job course, dan in service course II dengan durasi total mencapai 60 hari yang meliputi 200 jam. Diharapkaan setelah mengikuti PKDP dosen di kampus Negeri dan Swasta lebih professional

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*